Wakili Bupati, Begini Pesan Sekada Rakib Sahubawa Saat Lepas Kontingen Jambore

MASOHI,MalukuKabarDaerah.com, – Kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Maluku Tengah mengikuti Jambore Nasional ke-11 Tahun 2022 yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur.

Pelepasan kontingen oleh Sekretaris Daerah, Rakib Sahubawa mewakili Bupati Kabupaten Malteng di Baileo Soekarno di Masohi. Kamis (28/7/2022).

Dikatakannya, Jambore Nasional merupakan Pertemuan Pramuka Penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan luhur yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali ini diikuti oleh peserta dari perwakilan seluruh Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

Olehnya itu, dirinya berharap seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan itu, sekembalinya nanti dapat menstimulasi dan merumuskan strategi serta konsep kegiatan kepramukaan yang lebih inovatif, mendidik dan modern. Agar menjadi daya tarik bagi masuknya kader baru dalam Gerakan Pramuka.

“Saya berharap, dengan mengikuti Jambore Nasional ini, kiranya dapat menambah pengetahuan dan pengalaman adik-adik sekalian agar nantinya semakin memotiver konsolidasi serta penguatan eksistensi Gerakan Pramuka di daerah ini,”harapnya.

Dikatakannya, Jambore Nasional merupakan cara rekreasi edukatif di dunia kepramukaan dalam bentuk perkemahan luhur dan bertujuan untuk membina Pramuka Penggalang. Pembinaan dalam jambore ini, menitikberatkan pada aspek pembinaan mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

“Hal ini penting, karena semakin banyak kader pramuka, maka semakin menggiatkan peranan kaum muda dalam berkiprah dan beraktivitas positif,” ujarnya.

Dia menegaskan bahwa seluruh peserta jambore nasional saat itu adalah duta Kabupaten Maluku Tengah. Untuk itu dirinya menghimbau agar dapat menjaga sikap dan perilaku, menanamkan nilai-nilai budi pekerti, menjaga kekompakan di antara seluruh kontingen.

“Pegang teguh semangat gotong royong serta senantiasa menebar kebaikan dan keharuman daerah kita, Bumi Pamahanunusa tercinta ini,” pesannya.

“Saya berpesan agar kakak Pembina dapat terus mendampingi dan mengecek secara rutin kebutuhan maupun kondisi kesehatan setiap peserta jambore. Semoga seluruh rangkaian kegiatan jambore dapat diikuti dengan baik, dan insya Allah kembali pulang dalam keadaan sehat wal’afiat dengan membawa pengalaman baru yang berkesan,” harapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *